Senin, 03 April 2017

Psikologi Pendidikan - Perencanaan, Instruksi, dan Teknologi

PERENCANAAN

Perencanaan Instruksional
adalah pengembangan atau penyusunan strategis sistematik dan tertata untuk merencanaan pelajaran.
Kerangka Waktu
berikut salah satu contoh rencana dan tugas
Apa yang Perlu Dilakukan
1. Menentukan tujuan instruksional
2. Merencanakan kegiatan
3. Menentukan prioritas
Waktu Melakukannya
4. Membuat etimasi waktu
5. Membuat jadwal
6. Fleksibel

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER-CENTERED

Perencanaan Pelajaran Teacher-Centered
Tiga alat umum di sekolah yang berguna dalam perencanaan teacher-centered
1. Menciptakan Sasaran Behavioral
2. Menganalisis Tugas
3. Menyusun Taksonomi Instruksional
    diklasifasikan menjadi 3 :
1. Domaim Kognitif
2. Domain Afektif
3. Domaim Psikomotor

Instruksi Langsung
adalah pendekatan teacher-centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dam kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademi, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.

Strategi Instruksional Teacher-Centered
1. Mengorientasikan
2. Advance organizer, terdiri dari 2 bentuk :      Expository advance organizer dan                  Comparative andvance organizer.
3. Pengajaran, Penjelasan, dan
    Dokumentasi
4. Pertanyaan dan Diskusi
5. Mastery Learning
6. Seatwork
7. Pekerjaan Rumah

Mengevaluasi Instruksi Teacher - Centered
- Jadilah peremcana yang rapi dan ciptakan   sasaran instruksional.
- Selalu berharap agar murid mendapatkan   kemajuan dan memastikan agar murid         mendapat waktu pembelajaram akademik
  yang memadai.
- Luangkan waktu untuk memberikan  
  pelajaran.
- Gunakan metode lecturing.
- Libadkan murid dalam pembelajaran
  dengan mengembangkan keterampilan
  mengajukan pertanyaan yang baik dan
  meminta mereka ikut dalam diskusi kelas.
- Suruh murid mengerjakan seatwork.
- Beri pekerjaan rumah kepada murid
  untuk meningkatkan waktu pembelajaran
  akademik.

Prinsip Learner - Centered

Prinsip learner - centered ada 4 :
Faktor kognitif dan Metakognitif, ada 6 prinsip :
1. Sifat proses pembelajaran
2. Tujuan proses pembelajaran
3. Konstruksi pengetahuan
4. Pemikiran strategis
5. Memikirkan tentang pemikiran
6. Konteks pembelajaran

Faktor Motivasi dan Emosional
- Pengaruh motivasi dan emosi terhadap
   pembelajaran
- Motivasi intrinsik untik belajar
- Efek motivasi tethadap usaha

Faktor Sosial dan Developmental
- Pengaruh perkembangan pada
  pembelajaran
- Pengaruh sosial terhadap pembelajaran

Faktor Perbedaan Individual
- Perbedaan individual dalam pembelajaran
- Pembelajaran dan diveritas
- Standar dan penilaian

Beberapa Strategi Instruksional Learner Centered
- Pembelajaran Berbasis Problem, dalam pembelajaran berbasis problem, perencanaan dan instruksinya sangat berbeda dengan pendekatan teacher-centered.
- Pertanyaan Esensial adalah pertanyaan yang merefleksikan inti dari kurikulum, hal paling penting yang harus dieksplorasi dan dipelajari oleh murid.
- Pembelajaran Penemuan adalah pembelajaran di mana murid menyusun pemahaman sendiri.
- Penemuan dengan Bimbingan, pembelajaram dimana murid didorong untuk menyusun sendiri prmahamannya, tetapi juga dibantu dengan pertanyaan dan pengarahan dari guru.

Mengevaluasi Instruksi Learner- Centered
Pendekatan learner-centered untuk perencanaan dam instruksi pelajaran memberikan banyak hal positif. Prinsip tersebut mendorong guru untuk membantu murud secara aktif mengkonstruksi pemahaman mereka, menentukan tujuan dan rencana, berpikir mendalam dan kreatif, memantau pembelajaran mereka dan memenuhi standar.

Teknologi Dan Pendidikan
Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas.

Revolusi Teknologi
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup.
Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer.
World Wide Web
Adalah sistem pengambila  informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet.
Website
Adalah lokasi individu atau organisasi diinternet.
E-mail
Adalah singkatam dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet.
Standar Untuk Murid Yang " Melek Teknologi "
1. Pra-taman Kanak-Kanak Sampai Grade Dua
2. Grade 3 sampai 5
3. Grade sampai 8
4. Grade 9 sampai 12




1 komentar:

  1. raja889 agen judi online terbaik, aman dan terpercaya.
    berbagai macam pilihan game populer dan terfavorit. ada banyak event dan promo untuk semua game. beberapa game paling ramai diantaranya :
    - Sportsbook
    - Casino
    - Bola Tangkas
    - TGL
    Bisa anda mainkan cukup dengan minimal deposit 50,000
    Kunjungi situs kami dapatkan bonusnya.

    BalasHapus

Kunjungan Minggu Ini

Shania Ulimaz Yasmin. Diberdayakan oleh Blogger.